Pages

19/10/2015

Saus Keju ala Mak Sary Melati



Beruntung banget ada di komunitas emak-emak blogger yang positif , semangat berbagi di komunitas KEB memang luar biasa. Khususnya dalam hal tulis menulis, tapi jangan salah dari dunia menulis inilah kita bisa berbagi segala hal. Contohnya aneka resep makanan, salah satu yang kreasi dapurnya suka bikin saya ngiler itu salah satu co-foundernya KEB yaitu mak Sary melaty. Resepnya bener-bener bikin saya jadi pengeeennn bikinin anak-anak makanan trus. Gak tau kenapa ya, mungkin karena mak Sary melaty salah satu ibu yang saya kenal concern sekali sama anak-anaknya di rumah. Rajin bikin camilan sehat untuk anak-anaknya, isshhh... saya jadi semangat pengen nyenengin anak-anak juga karena mereka juga happy banget kalo bubunnya sibuk berjibaku di dapur ;)

Salah satu resepnya yang pengen banget saya buat adalah saus keju, secara anak-anak di rumah suka banget kentang goreng, salad, kripik, nacos, burger, dll dan pasti enak banget kalo bisa bikin saus keju sendiri. Yukkk akhhh, kita praktekin saus keju dengan merk Saryahd ini :D


Bahan-bahannya persis sama sesuai arahan mak Sary :D
- 1,5 pack keju cheddar ( satu pack biasanya 180 gr )
- 2 sdm plain butter, karena boleh pake blue band jadi saya pake blue band aja yg ada
- 2 sdm tepung serbaguna
- 1,5 cups susu cair ( 1 cups = 240 ml ) saya pake indomilk cair kemasan 250 ml
- 2 sdt saus tomat

Cara pembuatannya persis juga donk akhhh :p 
- Lelehkan blue band dengan api sedang
- Setelah margarine meleleh semua masukkan tepung dan aduk sampai larut dan merata
- Lalu masukan susu cair sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga mengental 
- Masukan keju chedar yang sudah di parut, trus di aduk sampai kejunya meleleh semua, lalu angkat.
- Ini rahasianya kata makte sary melati, tambahan dua sendok saus tomat. Awalnya saya pengen tambahannya saus sambal karena di rumah semua suka pedas, tapi penasaran juga sama keaslian rasa saus keju saryhd ini akhirnya pake saus tomat sesuai resep.


Taraaaaaaa, ternyata kejuuuu bangettt.... enakkkk, sayang kentang goreng di kulkas sedang habis. Akhirnya goreng chiken nugget... dan anak-anak suka. Bubunnya juga suka, trus kepikiran mau bikin salad buah pake mayonaise dan saus keju, enak gak ya :))). Terima kasih resepnya makte sayang :-*

Oh ya makte, setelah dingin sausnya agak mengental gitu ya... trus penyimpanannya gimana ? boleh di masukin kulkas atau di jilatin aja trus sampe habis :)))

29 comments:

  1. Mau ikutan coba ah..anak-anak suka banget kentang goreng sih. Cocok banget

    ReplyDelete
  2. Punyaku kok putih ya gak kuning? Abis ditambahin saus tomat jadi rada oren. Beda warna kejunya kali ya?

    Aku nyisa buanyak banget. Aku masukin ke dalam jar terus simpen di kulkas, Mak. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena pake blue band kali ya mak jd punyaku agak kuning gitu mak

      Delete
  3. Ngileeeeer mak :D. Pengen bikin juga. Secara di rumah pada doyan keju

    ReplyDelete
  4. Urang mau coba ah isukan.. Nyammmm

    ReplyDelete
  5. Aku jg suka keju :D mau coba jg resep ini.. makasih sharingnya

    ReplyDelete
  6. Dicocol sama tangan terus aja mak sampai habis. Haha.. Aku juga mau bikin ah..

    ReplyDelete
  7. waaah gampang sih bacanya tapi sepertinya gampang juga ya prakteknya, nyobaaa ah

    ReplyDelete
  8. Jadi pingin nyoba sendiri ah...sdh tergoda sjk baca postingan makte tp blm kesampean.

    ReplyDelete
  9. Aku suka saus keju, gara-gara deket rumah ada Richeese, jadi kepikiran deh bikin sendiri :) makasihhhh ^^

    ReplyDelete
  10. Terfavorit... Suka.. Suka.. Suka.. Nyum.. Nyum.. ;)

    ReplyDelete
  11. waah, enaknyaa. aku pernah nyobain saus keju kalo pas di resto ayam aja :D jadi pengin bisa bikin sendiri di rumah, mak.

    ReplyDelete
  12. Baru merhatiin fotonya, iya, yah, koq punyamu kental gitu, neng. Aku bikin gak sampe kental bgt. Pas lah buat saos cocolan

    ReplyDelete
  13. simpel ya.. asik banget kalau nemu resep-resep simpel kayak gini ^^

    ReplyDelete
  14. wah jadi pengen nyobain saus kejunya juga.....

    ReplyDelete
  15. uwaaa bikin ngiler makkk.....^^

    ReplyDelete
  16. Lumayan mudah juga cara bikinnya
    bisa dicoba nih dirumah resepnya :D

    ReplyDelete
  17. hmmm...resep rumah yang menarik juga...

    ReplyDelete
  18. Biar warnanya mirip di factory richeesenya nya klo pake pasta richeese nya bisa makin mirip jg kali yah?mw coba ah hehe

    ReplyDelete
  19. mantap bgt resepnya baru bikin masih anget, rasanya sama kaya aslinya, makasih loh mak resepnya :-D

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)