Pages

31/05/2015

Ketika mata sembab dan bengkak menjadi masalah


 Setelah di kompress, sembab dan bengkak mata saya sedikit tersamarkan :)

Setelah nyetir dari kota Bandung jumat malam lalu ( after fesTIK2015 ), allhamdulillah sampai di rumah hampir jam 10 malam. Perjalanan kami lancar jaya, meski sempat limbung sesaat liat jalanan mulai gak lurus alias berbayang :))). Tapi menguatkan hati untuk terus nyetir meski mba Mira sempat menawarkan diri, tapi ya dia aja tampak ngantuk sebenarnya. Jadi aku keukeuh nyetir sampai bekasi. Sampai rumah langsung tumbang, setelah sebentar ke kamar mandi lalu menyiapkan baju untuk acara besok pagi acara perpisahan sekolah Sean di Islamic center bekasi. zzzzz....aku tidur seolah bumi berhenti berputar karena kelelahan dan kondisi badan yang sedang tidak fit karena flu dan batuk.

Jam 04 pagi lewat bbm masuk, teman ku sesama panitia perpisahan udah nyuruh bangun  ajah )((**&^&^%^%%#@$%^ :)))), setengah 5 pagi aku turun dari tempat tidur dengan perasaan limbung. Melewati cermin dan....tadaaaaaa, shock liat muka sendiri. Sudah bawaan kalau mataku sipit gak jelas, tapi kelelahan, kurang tidur, dan flu membuat mataku semakin gak jelas bentuknya. Bengkak...dengan kantung tidur yang gak enak banget diliat. Gak papa sih kalau gak ada acara, tapi pagi ini harus berkebaya dan bertemu banyak orang. Oooppsss....

Tanpa babibu, aku meluncur ke dapur...ambil dua buah sendok lalu aku masukan ke dalam freezer. Ambil timun dan tomat, aku cuci dan kumasukan ke freezeer juga. Aku mandi lalu, selesai mandi ku ambil sendok, timun dan tomat yang sudah aku dinginkan. Dengan posisi berbaring di sofa, aku kompres mataku bergantian. Aku biarkan timun dan sari buah tomat mengompres mata bengkakku. Sesekali kuputar searah mata sampai kantung mata supaya mengurangi sembab dan bengkaknya. Aku tempelkan juga sendok dingin ke kelopak mata dan kantung mataku. Selama hampir 15 menit, setelah aku liat bengkak dan sembabnya sedikit berkurang dan mataku lebih fresh aku mulai bersiap dandan dan ganti baju. Setelah Sean juga siap, jam setengah 7 kurang aku meluncur bersama bungsuku tercinta ke tempat acara.

Mata bengkak atau sembab biasanya di akibatkan banyak sebab, kalau untuk aku biasanya saat dalam kondisi sakit mataku pasti sembab. Secara umum, bisa karena faktor genetik memang bawaannya bengkak dan berkantung, bisa juga karena kurang tidur, habis menangis, begadang, kelelahan atau stress juga bisa membuat mata bengkak atau sembab. Selain tips yang kupakai di atas kita bisa juga mengatasi mata bengkak dengan kantung teh yang bekas di pakai lalu tempelkan di mata, buah strawberry yang didinginkan lalu dipotong dan tempelkan potongannya di area mata juga bagus, atau buat larutan satu sendok garam dengan sedikit air hangat, ambil kapas untuk menyerap air tersebut lalu tempelkan di area mata yang bengkak. Beberapa tips di atas bisa di gunakan untuk mengatasi mata bengkak atau sembab.  Tapi yang terpenting sebenarnya adalah istirahat dan tidur yang cukup juga banyak minum air putih :)

26 comments:

  1. Wuiiih.... tips seperti ini nih yang penting pake banget!

    ReplyDelete
  2. Ini yang aku alami pas FesTIK kemarin hihihi *tutupin mata* kalau di rumah suka lupa kompres mata. besok pagi ah kompres lagi. katanya sih bisa juga rendam wajah pake air es, pernah coba, rasanya sembriwing *aish, permen kaliiii*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa.... g kece soalnya ya kalo mata sembab huhuhu

      Delete
  3. Tipsnya boleh juga dan sepertinya berlaku untuk semua gender.

    ReplyDelete
  4. kalo aku suka pake kacamata jadi g terlalu keliatan :)

    ReplyDelete
  5. Aku biasanya kompres pake mentimun. Kalo gak ada mentimun, kompres pake es batu yang dibungkus waslap atau saputangan handuk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes makte....ritual ini sering aku lakuin secara mataku gmpng sembab :(

      Delete
  6. Ga enka banget emang mba kalau mata sembab terus besoknya ada acara, haduh pasti kleyengan nyari ide biar mata sembabnya tidak kelihatan gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa.... gak fresh jd nya wajah kira ya

      Delete
  7. Tetap cantik kok neng :)

    ReplyDelete
  8. mantep banget tipsnya mak... makasih ya :)

    ReplyDelete
  9. salam kenal mbak..sy keb juga...mksh tipsnya mbak...bener2 bermanfaat...mampir juga ke blog sy ya www.prananingrum.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. Saya belum pernah nyoba yg pakai sendok, sih. Tapi, banyak yg bilang mujarab bgtt.

    Btw, kalau tobeli udah diiris, maunya masuk mulut! :D

    ReplyDelete
  11. Sering pake sendok kalau mata bengkak nih :)
    Cukup istirahat ya mbak, biar matanya gak bengkak lagi!

    ReplyDelete
  12. pake sendok juga?
    mata sembabnya gak keliatan kok, neng. Cantiiik ...

    ReplyDelete
  13. Ooh jadi bisa pake timun dan tomat ya Mak? Makasih tipnya :)

    ReplyDelete
  14. kalo aku kurang tidur dikit langsung deh kantong mata trus item kayak mata panda hiks

    ReplyDelete
  15. Agak sembab aja tampil tetep cantik yaaaaa #Modus haha

    ReplyDelete
  16. mata saya sembab kalau nangisnya gara-gara hati -___-

    ReplyDelete
  17. tetaaap cantiiik ah maak...aku juga perlu nih, karena sering kemaleman tidur dan mata udah kayak panda heehehe..makasih udah sharing yaaa

    ReplyDelete
  18. dapet banyak tips nih kalau mata sembab :)

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)