Pages

10/06/2015

Agenda Liburan Anak-anak



Jreeennng,... lebih dari satu bulan sean dan kaka tazkia akan menjalani liburan sekolah. Meskipun liburan kali ini akan melewati bulan ramadhan, tetap saja liburan bagi keduanya adalah harus ada jalan-jalan, piknik, nonton di mall, kulineran, dan hal-hal lainnya yang bisa dibilang mengisi waktu berlibur mereka tapi judulnya bersenang-senang *keukeupin dompet*

Sebagai ibu RT yang bijak saya harus menyiasati donk nih, liburan ditengah-tengah masa tahun ajaran baru yang jelas-jelas sedang membutuhkan biaya yang cukup besar, bulan ramadhan dan idul fitri yang juga tak kalah penting dan membutuhkan budget khusus. Nah bagaimana caranya agar liburan anak-anak tetap menyenangkan bagi keduanya, dan mengisinya dengan hal-hal bermanfaat.

Sebenarnya sudah ada beberapa list yang saya buat nih untuk rencana mengisi waktu liburan mereka, tapi karena kaka Taz dan Sean sudah bukan balita lagi saya udah gak bisa 'sakarepku dewek' menentukan rencana liburan keduanya. Tapi asyiknya karena mereka sudah besar, saya sudah bisa mengajak mereka untuk berdiskusi kemana dan ngapain aja mereka ingin waktu liburannya dihabiskan. Meskipun banyak list yang saya buat mental dan didelete begitu saja sama mereka. Yayayaaa....karena kesepakatan awal sudah mengajak mereka berdiskusi, bundanya harus banyak mengalah tapi tetap mencoba memberi pengertian.

- Jalan-jalan ke museum ? delete
- Mudik lagi ke rumah eyang dan oma nya plus ikutan pesantren kilat disana ? delete
- Ayahnya ngajakin jalan-jalan ke kota Gudeg sekalian perjalanan dinas ? kaka Tazkia menolak, kemarin sama sekolah dari sana katanya. Padahal kan beda ya jalan-jalan sama sekolah dan keluarga.
- Bikin cooking class di rumah bersama bunda, praktek bikin cookies sekaligus bikin kue buat lebaran ? mauuu...*syaratnya mereka yang pilih jenis kuenya*
- Ikut bundanya dateng ke undangan event yang berbau liburan buat anak-anak ? mau... :))) ( nih karena besok mau diajakin seseruan di TMII ) 

Dari banyak list yang dibuat, hanya satu atau dua yang mereka antusias, selebihnya mereka malah membuat list sendiri untuk menghabiskan waktu liburannya kali ini *tutup muka*

List yang ingin kaka Tazkia lakukan saat liburan, simple...intinya gak mau jauh2 dari K-drama dan kamar tidurnya :)))

List nya Sean, intinya gak mau jauh juga dari game dan PS *hadeuuhh
Abaikan maunya dia yang pengen makan di mall tiap hari *_*

Note :
Jadi Maks, kedua anak saya ini adalah tipe anak yang kurang begitu suka berinteraksi keluar rumah. Mereka akan lebih memilih diem di rumah, dan asyik dengan buku, komik, handphone dan laptopnya. Jarang terjadi deh mereka main ke rumah teman misalnya, atau main-main keluar rumah sekedar main bola di lapangan kompleks misalnya untuk sean. Positifnya ya saya sebagai ibu bisa full mengawasi mereka karena mereka selalu ada di rumah, negatifnya... mereka kurang gerak, jarang bersosialisasi, dan ogah beraktifitas yang bikin keringetan atau panas-panasan.

Jadi buat emak-emak yang punya anak-anak balita, sering-sering ajak bermain keluar rumah mak... eksplore halaman rumah, atau lingkungan rumah, ajak main kotor-kotoran, main pasir atau hujan-hujanan. Ajak naik sepeda, nenangga, dll :))). Kalau sudah besar, dan nggak dibiasakan sejak kecil memang agak sulit mengubahnya. Tapi apapun kegiatan pengisi waktu liburan mereka, yang terpenting kita sebagai orang tua bisa hadir dan menemani mereka ya.

25 comments:

  1. Tambahin main in line skate mak :)

    ReplyDelete
  2. Anakku belum buat list, semoga gak bikin kalo gak emaknya tekor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhhh biarkan mereka buat list mak, kita delete yg bikin kita tekor xixixi

      Delete
  3. Selamat Liburan kakak-kakak...:)
    Seru ya mbaa kalau sudah besar gini, sudah bisa ditanya dan bisa buat list sendiri hihiii

    ReplyDelete
  4. Sean punya me time jugaaak kayak ibu nya bwahahahahaaa.... me time nya maen PS bwahahahaa kereeen sean, itu baru namanya sikap :))))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa dong,...xixixii gak mau kalah sm emaknya dia ya :))

      Delete
  5. makan di mall tiap hari? bikin tekor :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu cuma list,.. emak yg bijak udh pasti gak akan diikutin :)))

      Delete
  6. hi hi listnya mantab2..sean doyan pizza ya

    ReplyDelete
  7. cieeeeee ibu RT yang bijak nih :D
    listnya seru-seru

    ReplyDelete
  8. aduh tiap hari makan di mall yah :)

    ReplyDelete
  9. widiiih sean makan pizzanya setiap hari malahan aku makan pizza nya setahun sekali :D lama banget ya setahun sekali hihiihihi

    ReplyDelete
  10. nggak terasa ntar lagi musim liburan ya Mbak... saatnya mengajak anak2 dan keluarga refreshing bareng ya...

    ReplyDelete
  11. Anak ku sudah bilang mau nonton kartun full juga di rumah, ya wes lah, anak kartun, emak Kdrams, klop dah :))

    ReplyDelete
  12. Perencana keuangan tips atur keuangan http://mre.co.id sila kunjungi

    ReplyDelete
  13. jalan2 keluar kota sean mintaaa
    hihihi
    met ngisi liburan yaaa ^^

    ReplyDelete
  14. semangat liburanya mak..
    jgn lupa sisipkan nilai pendidikan anak pada saat liburan nanti..

    ReplyDelete
  15. OK FIX aku ikut ke bandung nya aja :-)

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)