Pages

08/12/2014

Belajar Mengelola Keuangan dengan Smart Money Game

Menurut penelitian Forbes di tahun 2010 yang mengatakan bahwa 80 % keputusan keuangan keluarga ada ditangan wanita. Seperti beli mobil, rumah, Furniture, dan lain-lain berdasarkan keputusan seorang wanita. Jadi jelas dong ya mak, kalau peran wanita itu menentukan arah finansial sebuah keluarga. Kalau para suami berjuang mencari penghasilan, nah para istrinya yang mengatur bagaimana membelanjakannya :))

Seperti yang diucapkan mba Mike Rini Sutikno seorang perencana keuangan berpengalaman yang menjadi narasumber diacara workshop ini " Kita harus punya prioritas dalam hidup, merencanakan dan mengatur supaya uang kita tidak habis untuk saat ini tapi juga direncanakan untuk masa depan. Supaya kehidupan dimasa depan lebih sehat, aman dan sejahtera "

Mba Mike Rini Sutikno

Mas Yuda Wirayan dari Cigna Indonesia

Jadi nggak salah dong ya, kalau saya sengaja menyempatkan waktu untuk hadir memenuhi undangan dari Mommies daily dan Cigna pada tanggal 6 desember 2014 kemarin di Hong Kong Cafe Jakarta pusat. Saya sadar bahwa mengatur dan merencakan keuangan itu nggak mudah loh, penghasilan besar bukan jaminan bahwa kita akan sejahtera hingga di masa depan nanti jika kita gak bisa mengatur dan merencanakan keuangan dengan benar. Ngomong-ngomong Cigna, apa sih Cigna itu ? saya sempat mengintip webnya sedikit. Cigna adalah sebuah perusahaan pelayanan kesehatan global yang mendedikasikan untuk membantu masyarakat meningkatkan kesehatan, kesejahteraan dan rasa aman. Semua produk dan layanan disediakan secara eksklusif oleh atau melalui anak -anak perusahaan dari Cigna Coorporation. Seperti Cigna kesehatan, perusahaan asuransi jiwa. Hingga kini Cigna memiliki lebih dari 85 juta pelanggan diseluruh dunia. Follow juga twitternya di @Cigna_ID untuk informasi mengella keuangan dan produknya.

Awalnya saya berfikir mungkin akan sedikit membosankan nih workshop mengenai belajar mengelola keuangan ini. Saya akan mendengarkan narasumber memberikan workshopnya sampai terkantuk-kantuk. Dan ternyata saya salah loh mak, acara yang berjalan sekitar 2 jam lebih itu terasa berjalan cepat dan menyenangkan. Para wanita yang kurang lebih sekitar 10-15 orang itu gak cuma diajarin dengan menyimak paparan narasumbernya. Tapi langsung praktek bagaimana mengatur dan merencanakan keuangan pribadinya melalui sebuah permainan alias smart money game.

Smart Money Game

Para ibu yang sedang bermain smart money game

Tahu permainan monopoli ? nah prakteknya seperti itu, kami dibagi menjadi 3 kelompok yang terdiri 5-6 orang. Berperan sesuai profesi yang kita pilih, mendapat gaji, memiliki aset, hutang lalu membuat pilihan atau keputusan dan merencanakan keuangan berdasarkan arahan game tersebut. Belajar bagaimana berhutang dengan bijak, mencari pasive income dengan berinvestasi, dan membuat laporan keuangan. Susah ? ribet ? nggak...seruu, saat kita kesulitan menghitung angka-angka pun ada mba-mba dan mas yang telaten membantu kita. Nah, kondisi keuangan yang sehat ternyata jika ratio aset bersih akhir lebih besar dibandingkan ratio aset bersih awal. Kondisi keuangan lebih sehat jika ratio passive income semakin besar. Dari setiap kelompok dipilih seorang pemenang berdasarkan hasil tersebut. Kemarin hasil smart money game saya juga aset bertambah, hutang berkurang dan memiliki passive income. Sayangnya ada yang lebih keren lagi persentasenya.

Berfoto bersama sebelum acara di tutup dengan makan siang.

Belajar tentu tidak ada yang sia-sia, pulang ke rumah membawa tekad membara bahwa saya harus mengatur keuangan dengan lebih bijak lagi. Semakin bertambah wara-wiri diotak saya...bisnis, nabung lebih giat, saham, reksadana, ROI, obligasi, LM, dan lain-lain. Udah mulai sih belajar trading di sekuritas, tapi masih recehaaannn. Semoga semakin giat untuk menabung dibanding shoping karena lapar mata, shoping karena kebutuhan sih gak papa loh ;). Bukan hanya untuk impian saya tapi juga untuk kehidupan anak-anak dan keluarga di masa depan yang lebih sehat, aman dan sejahtera.

48 comments:

  1. wah,aku juga pernah main game itu mak hehehe

    ReplyDelete
  2. mntap tu gamesnya
    ma kasih ya infonya

    ReplyDelete
  3. maenannya lucu..aku belum pernah maen gitu..kalo monopoli biasa iya ._____.
    iya...impian semua ibu untuk keluarga untuk masa depan cerah #tsaahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuulll.... demi kesejahteraan klrg dan ibu2 dituntut cerdas jg mengelola keuangan cha :)

      Delete
  4. Mungkin mirip MONOPOLI ya gamenya

    ReplyDelete
  5. wuih seru ya lgsg praktek...
    jaman kuliah saya jg pernah main ky gini, tp cmn buat seru2an aja :D

    ReplyDelete
  6. wiissh canggih mba irma bacanya Forbes euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkkkk....mba irma cm baca komik miko jehhh mil :))))

      Delete
  7. Jadi inget jaman masih ngantor dulu, perna ikut training macam ini :-)

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Smart money game... game bljr mengelola keuangan ;)

      Delete
  9. Ahhh keren acaranyaaaa.. Sayang bgt aku tak datang hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhhh syg banget mak... kita gak ketemu deh ^_^

      Delete
  10. Jaman dulu keputusan yg besar2 seperti motor, mobil, rumah smp TV aja ada di suami. Jaman sekarang semua ada di istri termasuk mobil n rumah, meskipun duitnya tetep dari suami sih. :)

    ReplyDelete
  11. Saya juga trading recehan di sekuritas, untuk masa depan :)
    Tapi pelajaran dari mainan monopoli itu menarik lho. Yang mengusik perhatian saya, waktu itu diajarin nggak, meskipun sebaiknya aset akhir lebih baik daripada aset awal, boleh nggak aset lancarnya lebih sedikit daripada aset tidak lancar? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya recehan dan msh bljr mba :))
      Nahh... itu, aset akhir lbh baik, lbh byk dan lbh lancar :))

      Delete
  12. such nice post, many awesomeness!
    Also don't forget to visit http://BigDoge.net

    ReplyDelete
  13. aku belum pernah main game itu, mak. ikut-ikut seminar keuangan juga belum pernah. pengen..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pkr penting jg untuk ibu2 rmh tangga untuk bljr mengelola keuangan ini, apa lg untuk wanita bekerja yg sudah jelas pny penghasilan sendiri jg mak :)

      Delete
  14. Mungkin bukan aku saja yang tidak gampang untuk memanage uang. Ternyata mengatur uang itu tidak mudah yg aku bayangin iya mbak dan banyak pula kebutuhan pribadi yang harus di penuhi. Tapi itu harus pintar-pintarnya aku aja kalau uangnya tidak gampang habis ketika di gunakan untuk membeli keperluan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...rata2 kayanya, masalahnya kok uangnya cepet bgt abis yaaa :)))

      Delete
  15. Eh iya, beneran baca Forbes?
    Eh trading di sekuritas? Mau dong diajarin makk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaaaa.. komik miko tu bacaanku :p
      Aku Msh bljr...masih amatir :)

      Delete
  16. wah, seru mak kayaknya seminarnya. Pengiiin :D

    ReplyDelete
  17. Saya selalu tertarik dengan pengelolaan keuangan. Karena di rumah sebagai manager keuangan hehe..
    Dan bagaimana melatih kecerdasan finansial untuk anak-anak...
    Makasih ya mak sudah mampir ke blogku. Blognya saya follow ya mak, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, sebagai ibu RT kita memang manager keuangan di rumah ya :)
      terima kasih kembali mak ^_^

      Delete
  18. Wah, seru banget. Main gamenya bisa bikin makin pandai atur keuangan ya, hihihi :)

    ReplyDelete
  19. money game yang pernah saya mainin kayaknya baru monopoli, Mak :)

    ReplyDelete
  20. asik yooo, belajaar mengelola keuangan tapi enjoy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mak, belajar tapi gak ngantuk :)))

      Delete
  21. Pengen belajar juga smart money game nih, ajarin dong mbaaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixiii...colek ibu Mike Rini nya aja yuk mak :)

      Delete
  22. Jika Anda Ingin Memiliki Permainan "Smart Money Games" Bisa Langsung Memesannya, dengan menghubungi 0213856722 atau 08813574921. Tetapi jika Anda ingin bermain tanpa harus memilikinya, Anda bisa mengikuti pelatihan dan seminar yang diadakan oleh Mitra Rencana Edukasi.
    Follow our twitter @mreindonesia
    kunjungi website kami http://mre.co.id

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)