Pages

23/02/2014

Sean dan Play Station 3 ( PS3)


" Horeee, akhirnya hari sabtu "
Itu teriakan Sean, putra kesayangan saat saya membangunkan dia pagi ini untuk bersiap kesekolah. Ada apa sih dengan hari sabtu ?? uang sakunya lebih besarkah dari hari lainnya? bakal diajakin jalan-jalan sama bundanya, pulang lebih awal atau apakah kok Sean happy banget menyambut hari sabtu??

Heuheu,..begitulah, ternyata penyebabnya bukan hal-hal yang saya sebutkan diatas. Jagoan saya itu semangat banget menyambut hari sabtu karena hari sabtu gak ada jadwal les pelajaran atau les mengaji ( libur). Tapi sabtu siang sepulang sekolah setelah beristirahat dia kami ijinkan bermain PS3 ( Play station). Jadi ceritanya dalam seminggu dari senin sampai jumat, Sean gak boleh main game, nah sabtu sepulang sekolah sampai minggu sore dia bebas main playstation.


Ngomong-ngomong soal play station, ada diskusi panjang juga soal PS3 ini antara saya sebagai bundanya dan ayahnya yang gak tega karena putranya merengek terus ingin PS3. Ceritanya saya kurang setuju kalau sean dibelikan PS3, kenapa ? PS2 nya aja teronggok begitu aja dilemari karena bosen. Lalu PS3 kok ya saya gak sreg kalau Sean yang baru kelas 4 SD main PS3 atau game online, belum lagi CD nya perkepingnya mahal nian @600.000 -___-. Tapi begitulah, akhirnya sang bunda kalah suara kalau diadu dengan ayahnya yang memutuskan akan memberikan dan anaknya yang juga ngeyel pengen PS3 :(


Akhirnya saya pikir gimana caranya saya sebagai ibu mengatur agar Sean bisa main game sesuai keinginannya, tapi tetap dalam kontrol dan tidak berlebihan. Saya tidak ingin kalau anak saya melupakan waktu belajar dan istirahatnya hanya sekedar untuk main game.

Trik Emak menghadapi Sean yang sedang gandrung main game online PS3 :

- Mengatur waktu untuk bermain game, senin sampai kamis dia melakukan aktifitas sekolahnya yang memang cukup panjang sampai jam setengah 3. Lalu les dan mengaji sampai jam 5 sore. Hari sabtu sepulang sekolah karena jam sekolahnya pun lebih sebentar dibanding hari sebelumnya dan hari minggu sampai minggu sore Sean boleh main game.
- Mendampinginya bermain game, atau minimal mengawasi dia bermain game. Memberikan arahan atau penjelasan jika game nya mengandung nilai kekerasan. Jika saya luang biasanya saya akan ikut duduk dekat Sean saat dia bermain game, jika tidak sedang luang biasanya saya akan bolak-balik nengokin sean dengan gamenya.
- Memilihkan game yang tepat dan sesuai dengan usianya.
- Mengajaknya berdiskusi dan bertanya banyak hal tentang game yang sedang dia mainkan dan menyelipkan pesan dan pandangan mengenai game tersebut.
- Saya juga menanamkan kewaspadaan terhadap hal-hal negatif yang terkait dengan info pribadi dan kejahatan dunia online.
- Mencari tahu game apa yang sedang dia sukai, dan ikut melek game dan internet supaya bisa mendampingi anak-anak saya.

Game online dan internet memang seperti pisau bermata dua, tapi menjauhkan mereka saat ini tentu tidak bijak karena inilah jamannya bahkan tugas-tugas sekolah mereka pun bersentuhan dengan internet. Tinggal kita sebagai orang tua mencari cara supaya mereka bisa tetap melek  internet ( game dll) tapi tidak melupakan kewajiban utama mereka untuk belajar dan beribadah.

Jadi ditengah kesibukan saya berjibaku dengan urusan rumah tangga, weekend itu jadwal saya mengawasi sean main game online /PS3. #SayangAnak.

28 comments:

  1. memang lebih baik dibatasi untuk weekend aja, tapi kadang-kadang weekend kita mau pergi anak-anak gak mau karena mau main games ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mak, mereka skg susah banget diajak pergi saat weekend krn gak mau rugi kehabisan wktu main gamenya -___-

      Delete
  2. dulu waktu aku sd aku merasa ditipu sama mama ku, aku cuman boleh maen nintendo hari sabtu - minggu, eh terus aku sering kedapetan klo bangun malem2 liat mama aku maenin nintendo hari biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaaa....mamanya pinter tuh, gak mau kalah :p

      Delete
  3. Saya sih gak suka main PS :D
    Pokoknya asal ada parental advisory rasanya sih aman aja ya main PS

    ReplyDelete
  4. Kalau dirumah masih tetep PS2 & jarang dimainkan kalau nggak libur panjang banget. Kalah sama gadget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang udah beralih ke gadget kaka tazkia mak :)

      Delete
  5. Pas jam terakhir, Sean disekolah terbayang2 mau megang PS3. :D
    Bundanya top banget!.

    ReplyDelete
  6. memang hari sabtu merupakan hari yang menyenangkan.Apalagi kalau diisi dengan kegiatan bersama keluarga yang pastinya seru abiss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, hari sabtu dan minggu jadi hari keluarga :)

      Delete
  7. Anakku baru umur 2 tahun, tapi sudah keranjingan main game di HP bundanya. Dilarang nangis, dibiarin jadi keterusan (kecanduan).

    Akhirnya, seperti yang dilakukan mbak Irma, hanya hari sabtu HP dikasih ke anak, saat bundanya libur, jadi bisa mendampingi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampunn,, itu anak 2 tahun ya ?? ckckck...anak jaman sekarang memang cepat belajar ya. Dan itu bisa hal negatif atau positif, makanya tinggal gmn kita mengarahkannya :)

      Delete
  8. idem untuk komen diatas, anakku juga untuk sementara main game di henpon ajah, kalo untuk beliin PS kyknya gak deh,
    kalo udah 'Khatam' Al-Qur'an baru kasih kejutan(hadiah), insyaaloh..

    ReplyDelete
  9. Idem Mbak..aku juga cuma kasi main game di weekend saja...nonton tv boleh mulai jumat oulang skul he he he..

    Sean asik bgt main PS 3 nya ya.

    ReplyDelete
  10. Iya Mak bener itu... emang banyak permainan yg kental dg unsur kekerasannya.
    Bimbingan orang tua memang sangat diperlukan.
    Untung Sean punya ibu yang sangat luar biasa.

    ReplyDelete
  11. Jangan dikasih maen game GTA aja lah pokoknya, bahaya. LOL

    ReplyDelete
  12. Mbak ini ibu yang bertanggung jawab yaa. Bener semua ini postingannya :D

    ReplyDelete
  13. Adik Zahran masih belum paham banget soal PS3. Ps 2 di rumah aja jarang banget dimainkan, masih senang main di luar rumah. hasilnya, kulit menghitam :)))

    ReplyDelete
  14. wihhh... seru nih ... yang penting bahagia... :)

    ReplyDelete
  15. Game online dan internet memang seperti pisau bermata dua
    __________

    Sepakat dg yg ini. Kl salah kita pegangnya, berabe jadinya!

    ReplyDelete
  16. salam kenal
    main ps3nya jangan lupa sama waktu okey.

    ReplyDelete
  17. wah seru kalo lagi maen ps3
    tapi jangan sampai merusak matanya .. :-D

    ReplyDelete
  18. seru banget, v sangat menggangu bagi kesehatann

    ReplyDelete
  19. tapi jangan lupa shalat ya ade ade..

    ReplyDelete
  20. Biasanya anak kecil kalau sudah megang stik PS ya lupa waktu mbak :-) , selain itu anak2 akan semakin malas belajar jadi perlu adanya pengawasan dari orang tua hehe

    ReplyDelete
  21. kasih game pc aja mbak biar seru :D

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)