Pages

26/08/2016

Daftar Taman Terbuka Hijau di Surabaya


Apa sih alasan kamu liburan atau jalan-jalan lalu beli tiket ke Surabaya ?? salah satunya mungkin karena suasana lingkungan yang asri dan hijau menjadi alasan datang ke Surabaya. Kota Surabaya kini di hiasi oleh Ruang Terbuka Hijau ( RTH ) alias taman-taman yang tertata begitu rapih disetiap sudut jalanannya. Berbagai penghargaan dalam bidang pengelolaan lingkungan baik dari dalam negri maupun internasional diraih oleh kota Surabaya. Keistimewaan kota ini pun semakin diakui sehingga membuat Surabaya semakin maju pesat dari sisi lingkungan hidupnya.

Yuk kita intip taman-taman hijau nan cantik yang ada di kota Surabaya, mari merumput ;))

1. Taman Bungkul
Taman ini bisa dibilang taman terbaik dari semua taman yang ada di Surabaya. Konsepnya mewadahi berbagai aktifitas olah raga, edukasi dan hiburan dalam sebuah tempat yang hijau dan asri. Taman favorit warga ini memperindah jalan Darmo. Aneka fasilitas seperti free wifi, telepon umum, jogging track, jalur sepeda, arena skateboard, panggung terbuka, air mancur dan pujasera melengkapi Taman Bungkul yang tidak pernah sepi pengunjung.

2. Taman Flora
Namanya flora, pasti banyak aneka ratusan jenis pohon di taman ini. Tapi ternyata bukan hanya flora yang ada disini. Tapi ada kandang-kandang rusa tutul, sangkar-sangkar burung besar, Dan juga kolam ikan yang bisa kamu lihat saat mengelilingi taman ini. Lokasi taman ini di bekas kebun bibit Bratang Surabaya, dekat terminal Bratang.

3. Taman Prestasi
Taman ini di sebut taman prestasi karena terdapat replika pernghargaan-penghargaan yang berhasil di raih kota Surabaya. Seperti penghargaan Adipura Kencana, Wahana Tata Nugraha. Kamu bisa mengelilingi kalimas yang ada di pinggir taman ini dengan perahu naga atau perahu dayung.Taman seluas 6000 m2 ini dilengkapi taman terbuka, sarana bermain anak, jasa menunggang kuda dan atraksi seni.

4. Taman Apsari
Taman Apsari adalah salah satu dari 3 taman peninggalan Belanda. Selain taman Surya dan taman Jayengrono. Dulu taman ini bernama Kroesen park, letaknya di depan gedung Grahadi, kantor gubernur Jawa Timur. Di taman ini terdapat patung Suryo, pemimpin pertama jawa timur dan Arca Joko Dolog. Kamu bisa lihat berbagai ornamen seni instalasi karya seniman Surabaya yang dipamerkan.

5. Taman Pelangi
Taman ini dulunya sebuah SPBU di jalan utama Ahmad Yani sebelum berubah menjadi area hijau cantik di tengah kota. Lampu warna-warni seperti pelangi yang menjadi daya tariknya, dengan pilar-pilar unik dan lampu taman yang membuat taman ini semakin mempesona di malam hari.

6. Taman Lansia 
Sesuai dengan namanya, taman ini adalah taman yang ramah untuk para lansia. Terdapat di jalan Kalimanta. Ada jalur khusus kursi roda, dan tempat duduk untuk para pengantar yang menemani. Ada air mancur, bunga-bunga yang cantik, tanaman-tanaman yang tertata rapih. Memanjakan mata, para pengunjung lansia bebas berlama-lama disini sambil mneikmati kesegaran alam saat pagi atau sore hari.

7. Taman Mundu
Kalau kamu suka melihat air mancur, coba datang ke taman ini di malam hari. Pasti bakal puas melihat atraksi air mancur dengan beragam bentuk semburan air yang berdansa dengan indah. Taman yang berlokasi di Tambaksari ini memiliki fasilitas playground, panggung terbuka, dan jalur bebatuan untuk refleksi kaki.

8. Taman Balai kota
Bukan cuma taman Mundu yang memiliki air mancur yang indah dilihat, taman Balai Kota juga memiliki beragam bentuk semburan air mancur yang indah. Air mancur dan latar belakang gedung balai kota yang dilihat dimalam hari semakin membuat taman penuh kesan.

9. Taman Mpu Tantular
Taman yang rindang dan rapih ini ada di jalan taman Mayangkara. Dengan patung Mpu Tantular berwarna biru yang berdiri tegak dengan megah di tengahnya.

10. Taman Jayangoro
Taman ini adalah taman tertua di kota Surabaya, menyimpan sejarah pilu pertempuran 10 November saat itu. Tragedi itu yang membuat taman yang berlokasi di depan jembatan merah plaza dirancang dengan filosofi perjuangan rakyat Surabaya di masa lalu. Relief sejarah, bambu runcing, selasar perjuangan, replika mobil Mallaby dan seorang Jendral Inggris yang tewas karena serangan para pejuang Surabaya. Kamu juga bisa melihat air mancur di taman berkonsep memorial park ini.

Untuk yang suka menikmati keindangan suasana taman, berjalan di antara barisan kuntum bunga-bunga yang indah, duduk di tengah bangku taman sembari menikmati aneka keriaan khas taman kota. Boleh meluangkan waktunya ke taman-taman cantik ini ketika mengunjungi kota Surabaya, sebelumnya siapkan rencana perjalanan dan pesan tiket pesawatnya. Untuk reservasi tiket dan info perjalanan cek di sini yaaa

14 comments:

  1. Baru tau 1.. taman bungkul mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo jalan2 ke taman lainnya di Surabaya mba :)

      Delete
  2. Iya nih, cuma pernah di taman bungkul tok..hihihihi

    ReplyDelete
  3. Taman Bungkul kalo hari minggu pagi, car free day. seru banget tuh

    ReplyDelete
  4. Taman Bungkul itu kerakyatan banget. Soalnya apa yang dibutuhkan masyarakat ada disitu.
    Hiburan yang murah meriah.

    ReplyDelete
  5. Belum pernah ngubek Surabaya cuman tau stasiun pasar turi doank hehehe itupun karena dari Malang terus kesana deh

    ReplyDelete
  6. ih pengen ke taman-taman ini, main di padang rumput sambil piknik pasti seru ^^

    ReplyDelete
  7. Mantap mba Recommend bgt nih tempatnya :D

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)