Pages

27/10/2014

Keep Blogging



 " Keep Blogging "

Dua kata itu yang saya tulis di selembar kertas kecil lalu saya tempel di Blogosphere tree, saat memenuhi undangan dari idblognetwork di acara Kumpul Blogger yang di sponsori @indosatmania kemarin lusa di hotel Harris tebet. Sebuah pesan untuk semua teman-teman blogger khususnya untuk saya sendiri yang mengaku seorang blogger. Menyimak beberapa blogger senior yang berbagi tentang hal-hal seru seputar jagad blogoshpere di acara Kumpul Blogger, sejak beberapa tahun yang lalu sampai dunia blog saat ini. Semakin membuat saya tidak ingin meninggalkan hobi saya menulis melalui media blog. Begitu banyak hal-hal yang bisa kita bagi melalui media online ini. Begitu banyak nilai-nilai seperti pertemanan dan persahabatan yang bisa terjalin diantara sesama blogger. Begitu banyak hal-hal bermanfaat yang bisa kita tulis, begitu banyak cara untuk berbagi. Ngeblog bukan hanya soal menulis saja di sebuah kolom entri baru, tapi juga menjadi cara kita mengekspresikan diri.

Apa makna sebuah Blog buat saya.

Berawal di tahun 2008, dari sebuah folder yang berisi catatan-catatan harian lalu menjadi sebuah blog gratisan di blogspot. Menulis di blog menjadi begitu bermakna karena saat itu, ngeblog menjadi theraphy luar biasa dalam menemani hari-hari sulit saya bersama kanker. Hari-hari yang melelahkan dan minimnya kesempatan saya bersosialisasi dengan orang lain karena kondisi fisik. Membuat saya seolah menemukan sahabat baik, tempat saya menumpahkan segala kegundahan, amarah bahkan rasa sakit. Berawal dengan blog yang di privacy, lalu pelan-pelan kolom komentar dan blog yang terbuka. Lalu perlahan saya tidak hanya ingin menjadikan blog tempat saya berkeluh, tapi juga berbagi. Tidak hanya mengeluh bagaimana sakitnya fisik dan jiwa saya, tapi juga berbagi bagaimana saya melewati setiap proses itu. Bukan hanya tentang bagaimana kanker mencoba menjatuhkan saya, tapi juga berbagi bagaimana supaya teman-teman mengenal apa itu kanker dan menemukan cara menghindarinya.

Dan ketika saya jatuh cinta pada fiksi, entah itu diksi atau puisi. Saya juga mengabadikannya di blog. Mungkin hanya untuk mengekspresikan apa yang saya rasakan, atau sekedar menuangkan imajinasi lewat aksara. Jika ditanya kamu blogger apa Nenk ? food blogger, blogger traveler atau beauty blogger ? entahlah, jika ditanya tematik saya gak tahu harus jawab apa. Karena semua hal bisa saya posting, tentu saja sesuai dengan apa yang saya pahami dan apa yang ingin saya tulis.
Kurang lebih 6 tahun sudah saya menulis di media blog, yang tadinya di blog gratisan. Sekarang dengan bangga saya memiliki alamat blog yang menggunakan nama saya sendiri. www.irmasenja.com, selain irmasenja.wordpress.com dan catatanirmasenja.wordpress.com .

Banyak hal yang saya dapatkan dari dunia blogger, ilmu, pertemanan, persahabatan. Kesempatan bertemu dengan orang-orang baru, pengalaman berharga, komunitas yang seperti keluarga, bahkan bonus berupa kepercayaan yang berbentuk tawaran kerjasama yang mendatangkan rupiah. Yang terakhir saya anggap sebuah bonus, karena ada atau pun tidak saya akan tetap ngeblog. Saya masih orang yang sama yang terkadang lebih mudah menyampaikan apa yang saya rasakan dengan menulis. Ngeblog bukan hanya persoalan job review atau lainnya, sampai saat ini ngeblog masih menjadi theraphy jiwa dan refreshing saya yang terhebat. Berantem dengan suami aja lewat tulisan kok *tutupmuka*

Ada kalimat yang saya ingat yang diucapkan oleh salah satu pembicara yang juga seorang blogger senior di acara kumpul blogger kemarin, Mas Kukuh.
" Beberapa tahun lalu, ngeblog itu cuma untuk sharing atau berbagi, membangun persahabatan dan berekspresi " . Sampai saat ini 3 hal itu masih menjadi alasan utama saya ngeblog.

Foto diculik dari mba Isnuansa
 
Foto pribadi

Dan dihari Blogger Nasional ini, yuk kita isi kolom entri baru dengan semangat ngeblog lagi. Silahkan berbagi dengan cara masing-masing. Tidak usah dipusingkan dengan EYD atau rasa enggan karena merasa tulisan kita tidak bagus atau yang lainnya. Yang terpenting adalah " Menulislah dari hatimu maka kau akan menyentuh hati pembacamu " 

Tuliskan apa yang ingin dituliskan, syukur-syukur kalau tulisan kita mendatangkan manfaat untuk diri sendiri dan orang lain.Terima kasih untuk Mba Wiwik wae 
dan teman-teman IBN untuk acara kumpul blogger -nya, sharing teman-teman disana membuat semangat menulis saya yang masih bersemangat lebih membara :D  " Keep Blogging, teman-teman... " 

" Nge-Blog itu memang hak kita.
Silahkan menulis, curhat, fiksi, hobi
atau apapun itu.
Yang harus kita ingat adalah,
ngeblog itu sudah masuk zona publik
jadi bertanggung jawablah dengan
apa yang kita tulis "

38 comments:

  1. karena ngeblog itu keren, hihi udah gitu aja

    ReplyDelete
  2. Ngeblog memang harus dari hati ya maak....keep fight for bloging.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyesss....dari hati mak biar bisa menyentuh hati :D

      Delete
  3. Betul, keep blogging, ini pesan utk saya juga. Terus ngeblog.. :)

    ReplyDelete
  4. Selamat Hari Blogger Nasional. Keep blogging, itu yg ingin saya lakukan juga. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat hari blogger mak, iyes keep blogging ya ;)

      Delete
  5. Iyaaa, sekarang ini mulai banyak sebutan buat blogger ya, ada food blogger, blogger traveler atau beauty blogger.

    Saya, istrinya blogger aja, deh.

    Siipp! Semangat nulis terus, Mbak! ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku comot fotomu mba, hihihi...dirimu blogger sekaligus istri blogger yak ^_^

      Delete
  6. mbak irma mah orang nya kalem kalaupun fans nya banyak di blog yang puisi itu karena mereka suka puisi yaa mbak.


    Mari ngeblog yuk mbak :D

    ReplyDelete
  7. Mariii terus menulis...dah gitu aja :)

    ReplyDelete
  8. mari menuliiis... semangat hari blogger mbaa..

    ReplyDelete
  9. Blog...blog.. blog... is my second home. Seandainya blog saya hilang atau dihack dan sejenisnya, dijamin saya akan nangis tiga hari tiga malam Mak...

    ReplyDelete
  10. Selamat hari blogger Mak...senang bisa bertemua di Kopdar Nasional di Solo, tapi ndak bercakap cakap secara langsung...
    Dari blog Mak irma lah saya tau keteguhan seorang ibu di keluarga..
    salut :)

    ReplyDelete
  11. met hariblogger, terus berbagi melalui blog ya

    ReplyDelete
  12. Tosh mak! Aku juga susah kalau disuruh nulis tematik. Masih yang gado-gado aja nih blognya

    ReplyDelete
  13. Salah satu alasan saya suka nulis di blog karena nggak perlu pusing soal EYD. Hepi blogging mak irma:)

    ReplyDelete
  14. Terus menulis, neng, karena tulisanmu selalu menginspirasi, dan kamu tak akan pernah menyangka kalau segala sesuatu itu sudah diatur Allah SWT :)

    ReplyDelete
  15. Keep blogging ...betul, neng, merasa diingatkan utk terus menulis dan bw. Hal yg sdh jarang tth lakukan. Jadi sedih .. Oke deh, semoga bisa makin terpacu ya si akunya.
    Selamat hari blogger, neng, tetaplah menginspirasi

    ReplyDelete
  16. Keep Writing and keep sharing mba, because sharing is caring

    ReplyDelete
  17. Bahagianya ada event seperti itu. Berkumpul bersama kawan-kawan blogger yang dulu eksis. Semoga blogku tetap hidup, sebagai catatan untuk anak cucu nantinya :-)

    ReplyDelete
  18. Mak Irma, saya sangat sepakat terhadap kata "pertanggungjawaban" akan tulisan... yang lebih sakral lagi adalah semua yang tertulis akan diperhadapkan pada yang Kuasa... so, tetap ngeblog yg positif dan bertanggung jawab...

    Kapan kita minum #smootihes ? #eh

    ReplyDelete
  19. pengennya bisa ikut kumpul-kumpul kayak gitu mak,,,, tapi jauhnya... :(

    ReplyDelete
  20. Banyak bener ternyata blognya hehehehe.

    ReplyDelete
  21. keep blogging.
    simple sebenernya ya Mbak
    tapi aku terserang virus males yang teramat parah

    hiks

    ReplyDelete
  22. Mumpung suasana hari blogger, bw mampir dimari, salam

    ReplyDelete
  23. Banyak juga ya yang ikutan acaranya :D
    Mampir kesana kemari dan banyak yang nulis dengan artikel serupa.
    Ah seru banget bisa ngumpul rame2 gitu :)
    Selamat hari blogger nasional kak :)

    ReplyDelete
  24. Selamat hari blogger emak yang cantik :)

    ReplyDelete
  25. Cant agree more maaaak... Semua kita lakukan dengan nyaman di blog yaaa... Makanya saya pun jatuh cinta pada ngeblog, walaupun masih hijau... Yg penting semangaaat ya maaaak... Salam kangeeeeen... Peluuuuuk

    ReplyDelete
  26. Aku ingin kau sentuh di hatiku....*tsahh :v :v

    ReplyDelete
  27. Salam kenal. Saya juga seneng blogging. Ya, baru kenal dunia blogging 1 tahun ini. Maksudnya menulis di blog bukan sosmed.

    Mau tanya, gimana sih caranya naroh iklan di blog kita? Kayaknya lebih keren... :)

    ReplyDelete
  28. keren banget mba,, bikin tips seo blog doong

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)