Pages

12/03/2013

Ibu, buah hati dan Hypnoparenting



 Kaka Tazkia dan Sean lagi lihat dede Keffe (ponakan)  ^_^

Seperti biasa, kebiasaan saya setiap malam adalah mengantar anak-anak tidur. Dua buah hati saya memang bukan balita lagi, kelas 1 SMP dan kelas 3 SD. Tapi saat jelang tidur saya terbiasa menemani mereka. Kadang kebiasaan ini memang merepotkan di saat-saat tertentu, tapi saya fikir ini adalah saat berkualitas di mana saya bisa terus menjalin kedekatan bathin bersama mereka yang sudah mulai beranjak remaja.

Karena mereka sudah besar, masa-masa membacakan buku cerita atau dongeng memang sudah lewat. Biasanya saat seperti ini saya mencoba berkomunikasi lebih mendalam atau memasukan harapan-harapan kami sebagai orang tua khususnya saya sebagai ibu.

Kakak Tazkia, si sulung saya yang sudah kelas 1 SMP biasanya akan bermanja-manja atau sekedar minta di peluk. Putri sulung saya ini memang agak pendiam, berkomunikasi dengannya harus tahu kapan saat yang tepat. Moody nya memang menurun dari ibunya heuheu... saat jelang tidur inilah biasanya Kakak mudah di ajak berkomunikasi, dan saya bisa mencari tahu apa yang menjadi keinginan atau perasaannya.

Dan Sean, kebiasaan di usap-usap punggungnya masih terus berlanjut hingga saat ini sejak dia masih balita. Jika dulu saya mengikuti pesan mama saya untuk membisikan doa-doa atau surat pendek di telinga buah hati saya sejak bayi. Maka saat ini, ketika mereka dalam kondisi rileks antara menjelang tidur dan masih terjaga. Saya coba bisikkan kalimat-kalimat positif di telinga mereka. Tentu setelah saya ingatkan mereka untuk berdoa sebelum tidur. Kadang kala saat mereka sudah terlelap pun saya terus mengucapkan hal-hal positif atau harapan saya bagi mereka.

Dan ternyata kebiasaan ini salah satu bagian dari hypnoparenting loh, pengalaman saya membuktikan ketika anak-anak berangkat tidur dengan perasaan baik, rileks apalagi disugesti dengan kalimat-kalimat positif. Esok paginya mereka akan bangun dengan mood dan suasana hati yang juga baik.
Gak rewel dan bersemangat bangun dan beraktifitas ke sekolah.
Saya yakin banyak ibu-ibu yang juga melakukan hal yang sama pada buah hati masing-masing, terus lakukan ya bu... seperti yang saya baca di sini .

Jika anak-anak sudah beranjak besar, mungkin tidak semua memiliki kebiasaan ditemani saat jelang tidur ya. Tapi kita bisa lakukan dengan cara lain.
Contoh : Ketika anak kita sedang asyik main game, lalu dia fokus pada gamenya bahkan badannya tanpa mereka sadari ikut bergerak mengikuti game yang sedang mereka mainkan. Bahkan saat kita panggil dia kadang enggan menoleh, hanya menjawab dengan hemmmm.... saat itu sebenarnya dia sedang dalam kondisi rileks loh bu, kondisi rileks ( area otak berada dalam gelombang alpha dan theta ) dimana kita bisa memasukan sugesti-sugesti positif di alam bawah sadarnya. Lakukan ini, dekati mereka lalu bisikan di telinganya kalimat positif seperti " Pinter, rajin belajar dan sholeh" atau " Sebentar lagi anak ibu yang pinter ini akan mandi lalu belajar "

Lalu tinggalkan mereka, lakukan berulang-ulang tentu saja dengan perlahan. Lakukan terus menerus, bisikan juga di hati kita, gunakan bathin kita untuk menyentuh hati mereka. 
Usap punggungnya, atau pundaknya dengan penuh kasih. Lakukan berulang dalam keseharian dalam kondisi apapun ketika anak dan kita sebagai orang tua ada dalam kondisi rileks, insyaallah buah hati kita akan tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang positif.

Saya masih terus belajar loh bu, meski kebiasaan jelang tidur itu kebiasaan kami sejak lama dan setelah saya baca mengenai hypnoparenting ternyata itu bisa menjadi salah satu cara untuk mensugesti anak dengan positif. Sebagai ibu yang memiliki anak di usia yang lumayan muda,menjadi ibu adalah anugerah dan proses saya belajar tanpa henti. Karena seperti kita tahu seiring pertumbuhan anak-anak, permasalahan dan cara mendampingi/ mendidik mereka akan berubah seiring kebutuhan mereka yang terus berkembang. Jadi kalau ada kalimat, sayangnya gak ada sekolah untuk menjadi seorang ibu, saya kurang setuju. Sekolah para ibu atau orang tua ya anak-anak kita sendiri, pendampingan kita bersama merekalah proses kita belajar.

Harapan saya pasti sama dengan ibu-ibu yang lain, bisa mendampingi buah hati dan mendidik mereka tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang baik. Amin...





16 comments:

  1. Hebat.... sebuah pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga, ananda.

    ReplyDelete
  2. pernah baca juga mengenai hypnoparenting ini yang diterapkan pada anak-anak. bukan cuma kata-kata baik biasnaya aku selipkan juga doa-doa

    ReplyDelete
  3. setuju mbak, sekolahnya para orang tua ya anak-anak kita sendiri. saya banyak belajar dan mendapatkan ilmu baru dari proses saya mendidik si kecil.
    terima kasih banyak mbak share ilmunya, bermanfaat sekali bagi ibu muda seperti saya :)

    ReplyDelete
  4. Setuju sakali dengan metode hypnoterapi semacam ini. Sesuatu yang positif di berikan pada anak secara terus menerus akan membakas kelak pada anak kala usia dewasa.

    ReplyDelete
  5. heuheuheu... nanti kalau arif sudah nikah dan punya anak.. moga aja arif sebagai ayah bisa deket sama anak-anak.. :)

    ReplyDelete
  6. Hahahaaaa.... kirain di hipnotis gitu. Hadeh, kepo banget aku. Tapi anak-anakku selain sudah besar2, juga sudah biasa bobok sendiri setelah baca doa bareng2.

    ReplyDelete
  7. Saya baru tahu Mbak ini udah punya anak 2 tapi teteeeep awet muda ya :D

    ReplyDelete
  8. Wah patut dicoba nih teknik hypnoparenting nih, mumpung jagoan saya saat ini masih berumur 2,5 tahun, kalau diterapkan sejak dini tentu saja kedepannya nanti bisa lebih mudah untuk mengasuhnya..nice share bu :)

    ReplyDelete
  9. Bahagia ya punya anak yg dekat dengan orang tua
    Saya juga menerapkan hypnoparenting sejak Aleisha umur 3 bulan

    ReplyDelete
  10. aminn ,, anak memang titipan yang paling indah dan harus kita jaga

    ReplyDelete
  11. Makasih banyak mbak tips2 hypnoparentingnya :)
    Klo aku sebelum bobok cuma bilang :bunda sayang little bee, jadi habis baca ini kayaknya perlu dikasih mantra-mantra lain ya :)

    ReplyDelete
  12. tips yang baik mba, makasih yaa..
    semoga brmanfaat bagi kita semua..

    salam sukses yaa :)

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum wr wb ,
    wah lagi, berbagi ilmu sya pun lg beljar hypnoparenting dn anak saya msih 2 bulan
    mudh" anak" kita tumbuh menjadi anak yg soleh solehah pintar rajin dn berbakti Aamin
    salam kenal dari adek arsy

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)